Basic Skincare 101: Skincare Untuk Pemula, Mulai Dari Mana?

Waktu saya masih SMP (saya sebut SMP karena SMP merupakan saat di mana rata-rata kita semua mulai menggunakan skincare) belum banyak yang mengupas tuntas mengenai skincare, informasi produk skincare saat itu pun masih terbatas. Alhasil, teman-teman saya banyak yang menggunakan produk secara sembarangan yang berujung wajah bengkak dan bruntusan.

Zaman pun berlalu, sekarang beredar produk skincare dari yang mulai harganya belasan ribu sampai menyentuh angka belasan juta. Informasi mengenai skincare dapat diakses secara bebas. Beredar berbagai pilihan skincare, dari yang melembabkan, mencerahkan, sampai yang berani klaim memutihkan pun ada. Lengkap! Akan tetapi, teman-teman pasti bingung dari sekian banyaknya pilihan produk itu manakah yang benar-benar diperlukan? Tulisan ini saya tujukan kepada kamu-kamu semua yang masih pemula banget dengan skincare. Yuk, simak bareng-bareng!

 
Sebelum coba-coba serum, masker, peeling, dan sebagainya kita harus mulai dulu dengan "basic skincare" atau "skincare dasar".  Ada tiga langkah dasar dalam basic skincare:
  1. Cleansing
  2. Moisturizer
  3. Applying Sunscreen 
Sebelum coba-coba skincare, kamu harus mulai dari tiga tahap ini, dan sempurnakan. Kamu harus sudah ketemu produk yang bagus, kandungannya sesuai kebutuhanmu, dan benar-benar cocok. Baru setelah itu kalau masih butuh, tambahkan produk lain. Semua orang bisa menerapkan tiga langkah basic skincare ini, baik perempuan maupun laki-laki, dan boleh dimulai sejak umur berapapun.

1. Cleansing/Face Wash

Semua orang pasti paham membersihkan wajah menjadi langkah pertama dalam setiap rutinitas perawatan kulit. Fungsi cleansing adalah untuk membersihkan kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori dan kulit kusam. Kriteria produk face wash yang baik adalah sebagai berikut:
  • Tidak menyebabkan iritasi kulit (hentikan pemakaian jika hal ini terjadi)
  • Tidak membuat kulit kering
  • Memiliki pH (derajat keasaman) yang mendekati pH alami kulit, yaitu sekitar 5,5 (kadang tertulis di kemasan)
  • Tidak berbau menyengat
  • Sebaiknya tidak mengandung scrub, cleanser/face wash yang mengandung scrub dikhawatirkan membuat kulit semakin kering untuk penggunaan sehari-hari

Beberapa rekomendasi face wash dengan harga terjangkau: 

emina-bright-stuff
Emina Bright Stuff Face Wash

clean&clear-foaming-wash
Clean&Clear Essentials Foaming Facial Wash

whitelab-brightening-facial-wash
Whitelab Brightening Facial Wash

Produknya bisa langsung kamu beli dengan klik langsung pada gambar atau caption. ❤

2. Moisturizer

Moisturizer berfungsi untuk meningkatkan hidrasi kulit, memberikan lapisan pelindung yang "menenangkan", dan melindungi kulit dari gesekan. Moisturizer dipakai pada pagi dan malam, tapi lebih penting dipakai malam hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi sampai esok pagi. Kriteria produk moisturizer yang baik adalah sebagai berikut:
  • Memiliki ingredients atau kandungan yang melembabkan. Contohnya: hyaluronic acid, sodium hyaluronate, ceramide, sodium PCA, glycerin, dimethicone, butylene glycol, cetyl alcohol, dan lain-lain
  • Teksturnya nyaman dan ringan di kulit
  • Tidak menyumbat pori-pori
  • Tidak membuat komedoan/breakout
Beberapa rekomendasi moisturizer dengan harga terjangkau: 

azarine-oil-free-moisturizer
Azarine Oil Free Brightening Daily Moisturizer

wardah-moisturizer-nature-daily
Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Moisturizer Cream

Produknya bisa langsung kamu beli dengan klik langsung pada gambar atau caption. ❤
 

3. Sunscreen

Banyak sekali produk sunscreen di pasaran. Saat mencari sunscreen pilih produk dengan minimal SPF 30. Suncreen atau tabir surya ini sangat penting untuk perlindungan kulit dari sinar matahari, apalagi kita tinggal di wilayah tropis, harus ekstra rajin reapply sunscreen tiap dua jam sekali. 

Ada dua jenis sunscreen yang beredar di pasaran, physical/mineral sunscreen dan chemical sunscreenPhysical/mineral sunscreen mengandung berbagai bahan mineral, seperti seng oksida atau titanium oksida yang membentuk penghalang yang menghalangi sinar matahari. Chemical sunscreen memiliki bahan seperti avobenzone yang menyerap sinar matahari seperti spons, kemudian melepaskannya dalam bentuk panas. Kriteria produk sunscreen yang baik adalah sebagai berikut:
  • Minimal SPF 30 dan ada tulisan perlindungan untuk UVA dan UVB (ada tulisan “SPF” dan “PA” nya)
  • Memiliki salah satu atau beberapa kandungan ini: avobenzone, oxybenzone, octinoxate, titanium dioxide, zinc oxide, atau UV filters lainnya
  • Tekstur nyaman dan ringan
  • Kalau kamu beraktivitas di luar dan terkena sinar matahari langsung, bisa dipakai ulang setiap 2-3 jam sekali

Beberapa rekomendasi sunscreen dengan harga terjangkau:

azarine-hydrasoothe-sunscreen-gel
Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel

emina-sun-battle
Emina Sun Battle

Produknya bisa langsung kamu beli dengan klik langsung pada gambar atau caption. ❤ 

Itu dia tiga basic skincare yang harus kamu sempurnakan terlebih dahulu. Jangan langsung beli produk-produk yang kamu tidak tahu kebuutuhan dan dasarnya terlebih dahulu. Sekian dari saya, mudah-mudahan bermanfaat!

Post a Comment

0 Comments