Cara Mudah Membuat Teks Berbulu di Adobe Illustrator

tutorial-teks-berbulu

Ada berbagai macam cara membuat efek teks berbulu atau fluffy text di Adobe Illustrator maupun di Adobe Photoshop. Pada postingan kali ini, kita akan sama-sama belajar bagaimana cara mudah membuat teks berbulu di Adobe Illustrator. 

Perbedaan kualitas desain yang dihasilkan antara Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop adalah Adobe Illustrator menghasilkan desain vector, sedangkan Adobe Photoshop menghasilkan desain raster, sehingga kualitas desain yang dihasilkan masih lebih baik Adobe Illustrator. Walaupun demikian, terdapat pengaturan mengubah gambar raster menjadi vector di Adobe Photoshop. Yuk, simak bareng-bareng cara mudah membuat teks berbulu di Adobe Illustrator!

1. Buka Adobe Illustrator, buat lembar kosong dengan ukuran sesuai keinginan.

2. Buat teks menggunakan Type Tool atau tekan T, kemudian tulis teks yang ingin kamu beri efek berbulu.

tutorial-teks-berbulu-1

3. Seleksi teks, kemudian pilih Object > Expand. Centang Object dan Fill, lalu pilih OK.

tutorial-teks-berbulu-2

4. Buat lingkaran menggunakan Ellipse Tool atau tekan L. Buat warna lingkaran menjadi gradient dengan cara seleksi lingkaran, klik Windows > Gradient, maka jendela baru akan muncul. Atur warna gradient sesuai keinginan.

tutorial-teks-berbulu-3

5.  Copy dan paste lingkaran atau bisa juga dengan cara tekan Alt sambil tarik lingkaran ke arah yang berbeda, maka lingkaran akan otomatis terduplikasi. Sejajarkan kedua lingkaran, seleksi keduanya, lalu pilih Object > Blend > Make, akan tercipta beberapa duplikasi lingkaran yang sejajar di antara dua lingkaran yang diseleksi.

tutorial-teks-berbulu-4

6. Masih dalam keadaan terseleksi, pilih Object > Blend > Blend Options. Pada Spacing pilih Specified Steps, tulis angka 250. Hasil kurang lebih tampak pada gambar di bawah.

tutorial-teks-berbulu-5

7.  Seleksi teks, klik kanan > Ungroup. Seleksi teks kembali, klik kanan > Release Compound Path.

tutorial-teks-berbulu-6

tutorial-teks-berbulu-7

8. Seleksi bangun lingkaran yang telah dibuat tadi dan huruf F, kemudian pilih Object > Blend > Replace Spine. Hasil akan tampak seperti pada gambar nomor sembilan.

tutorial-teks-berbulu-8

9. Langkah selanjutya adalah pilih Effect > Distort & Transform > Roughen. Angka pada jendela Roughen diatur sesuai ukuran objek dan bentuk, jadi bisa teman-teman kreasikan sendiri.

tutorial-teks-berbulu-9

10. Langkah terakhir, Effect > Distort & Transform > Pucker & Bloat. Atur sesuai pada gambar atau sesuai keinginan. Lakukan langkah yang sama pada sisa huruf lainnya.

tutorial-teks-berbulu-10

Bisa juga dengan cara melakukan seleksi langsung pada semua huruf tanpa repot memilih satu-satu untuk dibuat efek berbulu/fluffy-nya. Suka dengan postingan tutorial pada blog ini? Teman-teman bisa request tutorial desain apapun dengan cara mengisi Contact Form yang tersedia di sebelah kanan layar web atau di bagian bawah layar mobile.

Post a Comment

Previous Post Next Post