6 Shortcut Notion yang Jarang Diketahui

halaman-muka-notion
Halaman Muka Notion
(sumber gambar: TechCrunch)
Saat saya kuliah sarjana, saya paling sering menggunakan Notion untuk merangkum materi. Notion adalah all-in-one workspace, sederhananya teman-teman bisa mengorganisasi catatan yang dimiliki menggunakan Notion ini. Notion dapat diakses melalui website secara gratis atau berlangganan. Versi gratis yang dimiliki Notion sudah cukup lengkap untuk digunakan secara personal khususnya bagi pelajar dan atau mahasiswa.

Notion juga dapat diunduh di Google PlayStore, namun fungsi Notion secara mobile masih tidak sebaik versi websitenya. Ada banyak shortcut dalam Notion yang bisa dimanfaatkan. Beberapa di antaranya bahkan jarang diketahui orang. Berikut adalah 6 shortcut Notion yang praktis, namun jarang diketahui orang-orang.

1. / + T

shortcut-notion-1

Aplikasi pencatatan pada umumnya mengharuskan memilih opsi pilihan teks di menu. Sedangkan Notion hanya  membutuhkan perintah singkat di awal atau akhir blok. Ketik / + T dan muncul jendela dengan berbagai pilihan seperti headline 1, to-do, code, page, bullet list, dan masih banyak lagi.

2. / + Color

shortcut-notion-2

Fitur ini jarang diketahui, kamu bisa dengan mudah mengubah warna teks dengan mengetikkan / + Color atau bisa juga dengan langsung mengetikkan warna yang diinginkan dalam Bahasa Inggris, seperti / + Red, / + Blue, dan berbagai pilihan lainnya.

3. : 

shortcut-notion-3
Fitur praktis dan sekaligus berguna untuk memperindah Notion, kamu bisa menambahkan emoji dengan cara super singkat, yakni ketik : dan ketik emoji yang kamu inginkan dalam Bahasa Inggris. Contoh dapat dilihat pada gambar di atas, ketika diketikkan face, muncul berbagai pilihan emoji wajah. Selanjutnya, klik emoji sesuai pilihanmu.

4. Ctrl + [

Gunakan shortcut Ctrl + [ atau Cmd + [ untuk kembali ke halaman sebelumnya.

5. Ctrl + Shift + L

Microsoft dan Apple telah mengimplementasikan dark mode pada sistem operasi mereka. Untuk mengikuti perkembangan tersebut, aplikasi pihak ketiga juga melakukan hal yang sama. Notion adalah salah satunya. Tekan Ctrl + Shift + L atau Cmd + Shift + L di macOS untuk beralih ke dark mode. Gunakan shortcut yang sama untuk beralih kembali ke light mode.

6. / + Media

shortcut-notion-6
Kamu dapat menambahkan berbagai jenis file media dalam Notion milikmu. Ketik / + Media, maka akan muncul berbagai opsi media yang bisa kamu masukkan. Fitur yang sama juga dapat dilakukan dengan langsung ketik / + Image untuk menambahkan gambar, / + Video untuk mengintegrasikan video apa pun, dan seterusnya. Fitur ini juga mendukung file audio dan dokumen.

Kuasai shortcut di atas dan kamu akan semakin jago menggunakan Notion. Notion bukan hanya aplikasi pencatatan biasa saja, kamu bisa membuat kalender sederhana, habit tracker, dan berbagai hal kreatif lainnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post