Mengenal Berbagai Fitur Baru Adobe Photoshop 2022

fitur-adobe-photoshop

Baru-baru ini penulis menemukan fakta bahwa ada bebagai fitur baru di Adobe Photoshop 2022 yang hanya bisa dinikmati oleh pengguna yang berlangganan/telah membayar. Teruntuk pengguna ilegal atau bajakan tidak bisa memakai fitur ini. Adobe Photoshop sendiri telah dikenal sebagai software olah gambar/foto di berbagai penjuru dunia yang banyak digunakan oleh fotografer, seniman digital, sampai industri perfilman untuk menghasilkan gambar yang apik. Akan tetapi, jangan khawatir untuk para pengguna yang mendambakan gratisan. Adobe Photoshop versi website akan dirilis dalam waktu dekat. Kabar terkini uji coba Adobe Photosho versi web telah dilakukan di Kanada. 

Kurang lebih ada 9 fitur baru di Adobe Photoshop 2022: Harmonization, Auto-Selections on Hover, Gradient Interpolation Options, Content Credentials, Improved Interoperability with Illustrator, Share for Commenting, Landscape Mixer, Improved Colorize, dan Color Transfer. Berikut adalah 9 fitur baru di Adobe Photoshop yang beberapa di antaranya hanya bisa diperoleh oleh pengguna yang berlangganan secara legal.


Pada update bulan Juni 2022 Adobe mengabarkan bahwa ada 4 fitur baru yakni Cylindrical Transform Warp, Preserve hair details, Enhancements for Guides, dan Emoji shorthand for in-app comments. Keempat fitur terbaru di atas akan penulis bahas dalam postingan ini. Penulis tidak memiliki Adobe Photoshop 2022, postingan ini merupakan ulasan dari Adobe Photoshop gurus dari berbagai kanal Youtube dan situs resmi Adobe. 

1. Cylindrical Transform Warp

Cylindrical Transform Warp merupakan tools baru Adobe Photoshop 2022 yang memungkinkan karya seni datar melengkung ke permukaan silinder bulat. Fitur ini memudahkan khususnya para desainer produk merancang produk terbaru mereka. Sekarang tidak perlu repot-repot lagi merncang mockup dan lebih hemat waktu.

fitur-baru-Cylindrical-Transform-Warp
Cylindrical Transform Warp (sumber gambar: Adobe)
Cara kerjanya adalah sebagai berikut:
1. Pilih objek atau gambar yang ingin kamu warp.
2. Pilih Edit > Transform > Warp dari menu atau tekan Command + T (Mac) atau Control + T (Win).
3. Klik tombol Free Transform / Warp Modes.
4. Buka menu Warp dan pilih Cylinder.
5. Klik dan seret objek di layar untuk menyesuaikan bentuk lengkungan.

2. Preserve hair details

fitur-baru-preserve-hair-details
Preserve hair details (sumber gambar: Adobe)
Object Selection Tool pada versi Adobe Photoshop 2022 dapat menyeleksi rambut lebih akurat dan detail. Cara menggunakannya cukup buka foto milikmu dan pilih Object Selection Tool, lalu klik objek foto milikmu.

3. Enhancements for Guides

fitur-baru-enhancements-for-guides
Enhancements for Guides (sumber gambar: Adobe)

Ada peningkatan terbaru pada fitur Guides di Adobe Photoshop 2022, seperti segi fungsionalitasya bertambah, mewarnai, dan mengedit fitur Guides sesuai kehendak pengguna. 

4. Emoji shorthand for in-app comments

fitur-baru-emoji-shorthand
Emoji shorthand for in-app comments (sumber gambar: Adobe)
Dengan rilis ini, Photoshop telah menambahkan dukungan shortcut emoji yang dapat teman-teman gunakan saat berkomentar melalui dokumen Adobe Photoshop yang sudah masuk penyimpanan cloud. Sebelumnya, jik ingin memasukkan emoji di komentar, kamu harus memilih emoji dari menu yang tersedia.

Sekarang sudah tidak perlu repot-repot lagi, untuk menggunakan emoji, kamu cukup mengetikkan titik dua “:” dan kemudian mulai mengetik kata-kata yang mengekpresikan emoji tersebut dalam Bahasa Inggris untuk mengakses daftar emoji terkait dengan mudah. 

Berbagai fitur menarik lainnya di Adobe Photoshop 2022 diupdate secara berkala yang hanya bisa didapatkan oleh pengguna legal yang diperoleh dengan cara berlangganan pada situs resminya. 

Post a Comment

Previous Post Next Post