6 Situs Belajar SEO Lengkap untuk Pemula

Algoritma SERP (Search Engine Results Page) yang selalu berubah memicu perubahan SEO tiap tahunnya. SEO dari tahun 2012 kurang relevan dengan 2022, begitu juga tahun depan, akan selalu ada hal baru dalam SEO. SEO merupakan salah satu ranah di bidang Digital Marketing yang selalu meningkat peminatnya tiap tahun. SEO secara garis besar terbagi menjadi lima topik utama, yaitu: On-page SEO, Off-page SEO, Technical SEO, International SEO, dan Local SEO. Saya ingin berbagi wawasan mengenai SEO dan SEM berbekal pengalaman magang selama enam bulan sebagai SEO Specialist. Saya masih terus belajar SEO dan SEM sampai sekarang, walaupun pekerjaan utama saya sekarang tidak bersinggungan dengan bidang ini. 

Belajar SEO bisa dari mana saja, dari kursus daring, situs web, artikel, dan atau belajar langsung pada SEO Specialist. SEO tidak hanya bicara mengenai optimasi keyword dan panjang-pendek konten saja, namun lebih dari itu. Ada sekiranya 6 situs belajar SEO lengkap untuk pemula yang penulis rekomendasikan berdasarkan pengalaman, 6 situs ini menyediakan artikel dan ada juga yang menyediakan kursus daring dengan ahlinya langsung.

1. Moz

moz-belajar-seo-pemula
Logo perusahaan Moz
(sumber gambar: Moz)

Moz adalah perusahaan yang mengembangkan alat untuk analisis SEO dan content marketing. Moz biasanya digunakan oleh agensi digital marketing dan advertising. Moz tidak hanya menjual alat-alat untuk analisis SEO saja, tapi juga menyediakan artikel terbaru dan kursus daring mengenai SEO. Apabila teman-teman membuka situs resmi Moz, pada header menu halaman muka ada pilihan Learn SEO, terdapat berbagai opsi pembelajaran SEO yang bisa dinikmati.

Saya merekomendasikan untuk membaca kumpulan artikel pada laman Beginner's Guide to SEO untuk pemula. Beginner's Guide to SEO menjelaskan secara lengkap dan detail apa saja yang harus dipahami sebelum melakukan optimasi website. Setelah selesai memahami Beginner's Guide to SEO, teman-teman bisa melanjutkan untuk membaca berbagai artikel di SEO Learning Center. Terdapat berbagai pilihan topik di SEO Learning Center, seperti keyword research, content marketing, link building, sampai international SEO.

belajar-seo-moz
Pilihan opsi pembelajaran SEO di Moz

Berbagai pilihan kursus daring SEO di Moz bisa ditemukan pada opsi Moz Academy.

moz-academy-belajar-seo
Belajar SEO di Moz Academy

Sebagian besar topik pembelajaran di Moz Academy harus merogoh banyak uang, jadi sesuaikan dengan kebutuhan. Moz Academy juga menyediakan sertifikasi SEO yang dapat menunjang karir sejawat sekalian sebagai SEO Specialist atau profesi yang berhubungan dengan bidang tersebut.

2. Semrush

semrush-belajar-seo
Semrush, tool sejuta digital marketer
(sumber gambar: Semrush)
Semua pelaku di bidang digital marketing pasti tahu Semrush. Semrush adalah perusahaan yang mengembangkan tool yang tidak hanya untuk optimasi SEO, tapi juga untuk content marketing, advertising, social media, dan bahkan agency. Opsi pembelajaran SEO bisa ditemukan pada opsi Resources pada header menu halaman awal Semrush.

Semrush tidak menyediakan beginner's guide seperti Moz, tetapi Semrush menyediakan berbagai pilihan ebooks yang bisa diunduh sesuka hati secara gratis.

semrush-halaman-muka
Ada banyak pilihan belajar SEO di Semrush

semrush-blog-belajar-seo
Apabila kita klik opsi Blog, akan muncul berbagai artikel SEO terupdate

Selain menyediakan artikel SEO terupdate dan juga ebooks, Semrush juga menyediakan kursus daring Semrush Academy. Tidak seperti Moz Academy yang sebagian besar kursusnya berbayar, Semrush Academy menyediakan berbagai kursus daring secara gratis! 

belajar-seo-semrush-academy
Semrush Academy
Selain itu, Semrush juga menyediakan sertifikasi SEO secara gratis.

3. Ahrefs

ahrefs-belajar-seo
Logo Ahrefs (sumber gambar: Ahrefs)

Pilihan ketiga ada Ahrefs. Moz, Semrush, dan Ahrefs, tiga tools paling sering digunakan oleh SEO Specialist. Ahrefs sama seperti Moz, menyediakan Beginner's Guide to SEO, akan tetapi menurut saya dalam hal ini masih lebih lengkap Moz.

belajar-seo-di-ahrefs
Berbagai pilihan belajar SEO di Ahrefs

Tersedia Ahrefs Academy yang memberikan berbagai topik belajar. Topik belajar yang disediakan Ahrefs Academy masih belum sebanyak Semrush Academy, tapi ini bisa dijadikan pilihan alteratif teman-teman.

4. BrightEdge

brightedge-belajar-seo
Salah satu tampilan analisis SEO menggunakan BrightEdge

BrightEdge masih belum dikenal banyak orang Indonesia. BrightEdge menyediakan berbagai pilihan tool SEO, sehingga lebih sering digunakan oleh agensi atau perusahaan besar. Untuk menggunakan BrightEdge, teman-teman harus menggunakan e-mail kantor, tidak bisa menggunakan e-mail pribadi.

brightedge-belajar-seo
Selain menyediakan tool dan layanan pembelajaran SEO, BrightEdge menyediakan aplikasi ROI Calculator secara free
Tapi tenang saja, untuk belajar SEO di BrightEdge tidak perlu mendaftarkan diri, namun hanya dengan mengakses Resources pada header menu. Ada banyak pilihan, terutama pada SEO Guide dan Videos yang menyediakan akses rekaman belajar SEO dengan para digital marketer di seluruh dunia.

5. Search Engine Journal

sej-belajar-seo
Semua tahu SEJ (sumber gambar: Search Engine Journal)

Search Engine Journal menyediakan semua informasi yang dibutuhkan mengenai SEO. Sesuai dengan motto yang mereka buat:
Search Engine Journal is dedicated to producing the latest search news, the best guides and how-tos for the SEO and marketer community.

Ada banyak artikel, berita, ebooks, bahkan sampai Google Algorithm Updates terbaru. SEJ ini merupakan sumber informasi utama sebagian besar para digital marketer, SEO Specialist, SEM Specialist, dan kawan-kawannya di seluruh dunia. Informasi yang disediakan oleh SEJ ini selalu update mengikuti perkembangan SEO dari tahun ke tahun.

6. DailySEO.id

dailyseo-belajar-seo
Tampilan muka DailySEO.id

Senior saya merekomendasikan DailySEO.id karena situs ini merupakan sekian situs SEO dari Indonesia yang paling update dan informasi yang disajikan benar. DailySEO.id menyediakan berbagai topik artikel dari Keyword Research, Content, Technical, sampai Off-Page SEO. 

Cukup itu saja 6 situs belajar SEO lengkap untuk pemula. Situs-situs ini saya rekomendasikan berdasarkan pengalaman pribadi, jadi masih ada banyak sekali situs belajar SEO yang tidak disebutkan di luar sana yang mungkin menyediakan informasi yang lebih baik dan lengkap daripada yang saya sebutkan. 

Post a Comment

Previous Post Next Post