Mengenal Fordyce Spot, Si Bintik Putih di Bibir

Beberapa dari kalian pasti pernah mengalami munculnya bintik-bintik putih terutama di area bibir. Fordyce spot merupakan benjolan kuning keputihan yang dapat terjadi di tepi bibir atau pipi. Fordyce spot juga bisa muncul di penis/skrotum pada pria dan labia pada wanita, tetapi hal ini sangat jarang terjadi.

fordyce spot dinasectio.com


Bagaimana cara mengindetifikasi fordyce spot? Mudah-mudah sulit, fordyce spot cenderung berdiameter sekitar 1-3 milimeter (0,04-0,12 inci), tetapi bisa lebih besar. Biasanya berwarna kuning muda atau berwarna daging. Jika berkembang di area genital, fordyce spot menjadi warna kemerahan. Fordyce spot biasanya muncul secara simetris di kedua sisi bibir. 

Si fordyce spot ini disebabkan oleh kelenjar sebaceous tubuh, yang bertanggung jawab atas minyak pelembab di kulit dan rambut. Bintik ini sulit dihilangkan, akan tetapi ada beberapa opsi yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkannya : 
  1. CO2 laser resurfacing, perawatan umum untuk jerawat, jaringan parut, dan stretch mark, CO2 laser resurfacing menggunakan laser karbon dioksida untuk menghilangkan lapisan kulit terluar yang tipis, memperlihatkan kulit yang lebih lembut di bawahnya. 
  2. Isotretinoin, berasal dari vitamin A, isotretinoin adalah sejenis retinol yang biasanya digunakan untuk mengobati jerawat. Biasanya dikonsumsi secara oral, tetapi ada risiko efek samping jika digunakan terlalu lama atau dalam keadaan/dosis yang salah. 
  3. Micro-Punch Surgery, penjabarannya agak rumit. Intinya dokter menggunakan alat kira-kira seperti di bawah ini untuk menghilangkan si bintik fordyce spot itu.
micro punch dinasectio.com

Post a Comment

Previous Post Next Post