Be My Eyes, Aplikasi Penolong Tunanetra

Bermula dari penulis blog ini yang gabut karena nganggur saat liburan semester, kemudian cari-cari aplikasi seru di Play Store, dan akhirnya menemukan aplikasi ini. Dilansir dari situs resminya, Be My Eyes merupakan aplikasi yang menghubungkan orang yang dapat melihat dengan baik (di sini sebagai sukarelawan) dengan orang-orang tunanetra atau penglihatannya kurang di seluruh dunia dengan tujuan untuk memberikan bantuan penglihatan pada mereka melalui video call.

be my eyes application dinasectio.com

Mungkin kalian bertanya-tanya, orang tunanetra bisa menggunakan ponsel? Tentu bisa. Perkembangan teknologi yang sangat signifikan dalam tujuh tahun terakhir ini telah memudahkan penyandang disabilitas dalam mengerjakan aktivitasnya. Pada ponsel berbasis Android sendiri ada fitur-fitur bawaan yang memudahkan penyandang tunanetra, seperti: Google Accessibility Menu, Android Accessibility Suite, dan Google Assistant. Pengaturan tinggal diubah sedikit saja, maka ponsel Android sudah dapat dipakai oleh penyandang tunanetra.

Penulis sudah mencoba aplikasi Be My Eyes sebagai sukarelawan dan sudah membantu beberapa orang tunanetra melalui video call. Terakhir kali, penulis telah membantu seorang tunanetra menemukan kalung anjingnya.

Tutorial Daftar Sebagai Sukarelawan di Be My Eyes

Berikut adalah petunjuk cara menjadi relawan Be My Eyes: 
  1. Unduh aplikasi Be My Eyes dan terima persyaratan layanan,
  2. Daftar dengan nama dan e-mail, atau hubungkan akun dengan Google atau Facebook,
  3. Pilih bahasa, penulis di sini memilih Bahasa Inggris, 
  4. Selesai!
Saat pengguna tunanetra atau rabun meminta bantuan, pemberitahuan dikirim ke beberapa sukarelawan. Jadi, tidak perlu merasa bersalah apabila kamu sedang repot dan tidak bisa menjawab. Orang pertama yang menjawab panggilan adalah orang yang akan membantu. 

Selama panggilan, layar sukarelawan akan berubah menjadi video call dan dapat mendengar mereka berbicara. Pengguna dapat mendengar audio sukarelawan selama panggilan, bedanya video tidak ditampilkan pada pengguna tunanetra/rabun. Teman-teman bisa langsung mencobanya, hitung-hitung saling membantu sesama manusia dan sekalian belajar bahasa asing!

Post a Comment

Previous Post Next Post