3 Makanan Terbaik Penurun Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi di mana tekanan darah melebihi batas angka normal, yakni 140/90 mmHg (atau beberapa kasus 130/80 mmHg). Dalam kasus tekanan darah tinggi, ada yang namanya terapi non-farmakologi. Berbeda dengan terapi farmakologi, terapi non-farmakologi tidak menggunakan obat, akan tetapi lebih ke mengubah pola gaya hidup pasien. Contohnya seperti makan-makanan yang sehat. 

Biasanya, hipertensi tidak menunjukkan gejala apa pun. Penyakit hipertensi ini jika dibiarkan akan timbul komplikasi jantung dan stroke.

Selain obat-obatan (terapi farmakologi), ada perubahan pola makan. Berikut adalah tiga makanan yang efektif membantu menurunkan tekana darah tinggi.

Yogurt

yogurt penurun tekanan darah
Photo by Sara Cervera on Unsplash

Berdasarkan penelitian terbaru dari University of South Australia telah menemukan yogurt mungkin mampu mengurangi tekanan darah

Kalsium dan kalium adalah mineral kunci dalam mengatur tekanan darah dan keduanya ditemukan dalam yogurt. Tapi tidak semua yogurt dibuat sama. Hindari versi olahan dengan tambahan gula, Selain sarapan, yogurt dapat digunakan sebagai pengganti mayones dalam isian sandwich.

Teh Herbal

teh herbal penurun hipertensi
Photo by Julia Topp on Unsplash

Minum secangkir teh herbal di malam hari merupakan kebiasaan yang baik. Minum teh dapat membantu melancarkan pencernaan dan relaksasi. Untuk tekanan darah pilihlah teh kembang sepatu, yang beberapa penelitian telah terbukti memiliki efek penurunan yang signifikan.

Cara membuat teh kembang sepatu cukup mudah, 1 sendok makan bunga kembang sepatu kering, 500 ml air dingin, perasan air jeruk lemon dan 2 sendok teh madu ke dalam wadah. Aduk rata dan dinginkan setidaknya selama satu jam. Kemudian saring untuk menyajikannya. Jangan konsumi teh kembang sepatu jika sedang menggunakan HCT (hydrochlorothiazide).

obat HCT
Obat HCT

Pisang

pisang penurun tekanan darah
Photo by Mockup Graphics on Unsplash

Berbagai jurnal penelitian mengatakan bahwa konsumsi pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Konsumsi pisang tiap hari dapat menyeimbangkan tekanan darah. Buah ini mengandung bayak potasium dan mineral penurun tekanan darah yang penting. Kalium membantu menyeimbangkan natrium dalam tubuh. Semakin banyak kalium yang kamu makan, semakin banyak natrium yang dikeluarkan tubuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post