Sebenarnya ada cara yang lebih mudah selain mendesain sendiri, kenapa mesti repot-repot desain kemeja atau baju sendiri kalau template-nya bisa diunduh di web penyedia aset desain seperti Freepik, Shutterstock, dan yang lannya? Jawabannya untuk menambah skill. Selain itu, kamu juga bisa menambah variasi dan dekorasi baru pada desain kemejamu sendiri!

Pada tutorial kali ini, penulis akan membagi dalam 2 teknik. Teknik pertama menggunakan teknik tracing dan teknik kedua melakukan desain sendiri. Untuk software, kita akan menggunakan Adobe Illustrator. Desain kali ini menggunakan Adobe Illustrator untuk menghasilkan hasil desain yang lebih tajam daripada di Adobe Photoshop.


Tutorial Desain Kemeja Dengan Tracing

1. Pertama, buka Adobe Illustrator. Atur ukuran Artboard sesuai keinginan kalian.
2. Unduh gambar vector dengan format JPG yang kamu inginkan, kemudian kamu buka di Aobe Illustrator dengan cara File > Place. Kemudian klik Image Trace yang berada di lingkaran merah berikut.


3. Kemudian klik Expand. Setelah itu klik objek, kemudian klik kanan lalu pilih Ungroup. Hapus background, kemudian rubah tampilan kemeja sesuai yang kamu inginkan.


4. Hasil akhir. Ubah sesuai keinginanmu. Tutorial ini hanya berlaku apabila gambar mentahannya jelas (kalau bisa vector) dan format JPG.


Tutorial Desain Kemeja Menggunakan Pen Tool

Kekurangan dari desain kemeja dengan teknik tracing adalah kadangkala garis yang dihasilkan kurang tegas dan jelas. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan Pen Tool untuk menggambarnya ulang, apalagi bila gambar mentahannya berupa objek yang kompleks dan resolusinya rendah.


Cara ini harus memperhatikan ketelatenan dan ketelitian supaya desain vector yang dihasilkan bagus. Penulis sarankan untuk menggunakan cara ini untuk lebih mengembangkan skill teman-teman semua dalam menggunakan Adobe Illustrator.