Solusi Mudah Atasi Thumbnail yang Tidak Muncul di Windows

 


Thumbnail adalah sebuah preview dari suatu file. File ini bisa berupa gambar, video, maupun dokumen tertulis. Thumbnail selain berfungsi menampilkan cuplikan dari sebuah file, tapi juga dapat menghemat ukuran ruang dalam komputer maupun smartphone. Bayangkan saja kalau tidak ada thumbnail, tentu ruang komputen akan terisi oleh resolusi gambar yang besar.

Kadangkala thumbnail bisa tidak muncul, walaupun tampilan file sudah dibuat ekstra besar namun tetap saja thumbnail tidak muncul. Penyebabnya bisa lebih dari satu. Bisa mungkin karena cache yang terisi penuh, pengaturan, dan lain sebagainya. Masalah ini bukan masalah serius, tapi akan jadi menyebalkan saat kamu sedang buru-buru mencari file yang diinginkan. 

Tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana menampilkan thumbnail file di Windows.

1. Cara ini bisa dicoba. Langah pertama yang kamu lakukan adalah buka Control Panel dan cari Folder Options atau File Explorer Options.


Klik pada File Explorer Options kemudian pindahkan pada pilihan View, lalu di bagian Files and Folders hilangkan centang pada “Always show icons, never thumbnail”. Setelah itu klik OK.


2. Pastikan bahwa pengaturan di atas telah bekerja dengan klik Control Panel, kemudian cari pilihan System. Pada jendela System, pilih Advanced system settings. Pada System Properties, pilih Advanced, kemudian pada bagian Performance pilih Settings. Pada Performance Options buka Visual Effects, kemudian berikan centang pada “Show thumbnails instead of icons”. Klik OK.


Kalau cara di atas tidak berhasil, kemungkinan masalahnya ada pada kelebihan cache. Kamu bisa hapus cache yang berlebih dengan menggunakan CCleaner atau sebangsanya.

Post a comment

1 Comments

  1. Kemarin blog saya mengalami hal yang sama, saya gak sempet apa-apain. Pas saya cek sudah normal kembali. Nah saya baca dari admin pemilik template infonya katanya dari jaringan nya ada masalah.

    ReplyDelete