Cara Mudah Menghapus Background Foto Tanpa Menghilangkan Detail Rambut di Adobe Photoshop

 

Banyak teman-teman pemula di forum Adobe Photoshop masih bingung bagaimana menghapus background tanpa menghilangkan detail rambut. Sebelumnya, penulis pernah membahas Cara Mudah Menghapus Background menggunakan Polygonal Lasso Tool dan Quick Selection Tool. Pada artikel kali ini adalah versi terbaru dari cara sebelumnya. Untuk foto yang penulis pakai, bersumber dari Unsplash, teman-teman bisa mengunduhnya di sana apabila ingin mencoba dengan gambar yang sama.

Langkah pertama, buka Adobe Photoshop milik kamu. Arahkan kursor ke arah Layer yang bertuliskan Background, kemudian klik kanan lalu pilih Layer from Background atau langsung pilih ikon kunci di sebelah layer. Maka layer akan berubah nama menjadi Layer 0.

Kemudian seleksi bagian luar objek. Penulis di sini menggunakan Quick Selection Tool, tapi teman-teman juga bisa menggunakan Magic Wand Tool.


Kemudian pilih tab Select > Inverse. Kemudian pilih kembali tab Select > Select and Mask, maka kan muncul jendela baru, lalu pilih Refine Edge Brush yang berada di panel tool sebelah kiri untuk merapikan bagian-bagian yang belum rapi (bagian-bagian yang dilingkari).



Kemudian, sebelum klik OK, pada Output to pilih New Layer with Layer Mask

Setelah itu, kamu bisa merapikan bagian-bagian yang tidak perlu dengan menghapus manual menggunakan Eraser Tool atau menyeleksi bagian yang tak perlu dengan Polygonal Lasso Tool lalu klik Delete.


Tambahkan background, maka hasilnya akan seperti ini.


Berikut hasilnya apabila sudah ditambahkan filter dan dirapikan lagi.


Bagaimana mudah sekali, bukan? Jangan lupa untuk Ikuti Blog ini supaya mendapat update terbaru tiap bulannya.

Post a comment

0 Comments