Cara Membuat Foto Setengah Transparan | Adobe Illustrator CC 2018

Semua orang tentu tahu Adobe Photoshop, aplikasi editing foto populer yang selalu menambahkan inovasi fitur terbaru tiap tahunnya. Penulis sudah sering melihat tutorial membuat foto menjadi gradien transparan menggunakan Adobe Photoshop. Namun, apakah teman-teman tahu bahwa Adobe Illustrator juga bisa melakukannya? Fitur ini merupakan salah satu fitur rahasia Adobe Illustrator. Adobe Illustrator tidak hanya dapat digunakan untuk gambar vektor saja, namun bisa juga untuk gambar bitmap hasil jepretanmu atau dari internet. Lantas bagaimana cara membuat foto gradasi transparan atau setengah transparan menggunakan Adobe Illustrator? Berikut langkah-langkahnya:


Pertama-tama siapkan gambar yang ingin dipakai. Gambar yang dipakai pada tutorial kali ini dapat diunduh lewat link. Unggah gambar di bawah di Adobe Illustrator CC 2018 dengan File > Place.


Kemudian buat Rectangle di atas gambar bitmap tersebut. Ubah warna pada bidang persegi tersebut menjadi gradasi hitam-putih tipe Radial.


Kemudian seleksi semua objek. Klik Make Mask yang ada di panel Transparency.


Maka akan didapat hasil sebagai berikut. Bagus sekali bukan?


Sesuai namanya, Adobe Illustrator merupakan aplikasi pengolah ilustrasi bukan foto, namun ada beberaoa fitur di Adobe Illustrator untuk sekadar editing foto ringan seperti yang penulis tuliskan di sini. Ada juga efek-efek Adobe Phoshop yang tertanam juga di Adobe Illustrator, fitur Resterize, dan masih banyak lagi lainnya.

Post a comment

0 Comments