2021 UI/UX Design Trends Prediction

 


Tren desain grafis khususnya UI/UX sepanjang 2020 ini begitu meledak, bahkan saya sudah menemukan puluhan kali workshop maupun webinar baik berbayar maupun tidak yang mengkaji UI/UX design. Selain pesatnya tren UI/UX, muncul juga lapangan kerja baru seperti UX Writer. Webinar UX writing juga sama meledaknya dengan UI/UX design. 

Bagi teman-teman yang merasa baru dengan istilah-istilah di atas, penulis akan beri penjelasan singkat. UI/UX design merupakan dua istilah yang berbeda, yaitu user interface designer dan user experience designer. Kadang pada perusahaan kecil sampai menengah pekerjaan ini digabung menjadi UI/UX Designer, namun pada perusahaan besar dua pekerjaan ini dipisah. UI Designer, seperti namanya, bertugas membuat desain antarmuka untuk tampilan website maupun produk digital lainnya. Sedangkan, UX Designer tugasnya adalah memikirkan dan menerapkan bagaimana alur suatu produk menjadi efisien, efektif dan terasa menyenangkan bagi pengguna.

Selama kurun waktu 2020, penulis perhatikan desain UI/UX meledak sehingga banyak bermunculan desainer baru dan tren-tren baru. Salah satunya tren flat design yang penulis prediksi masih tetap bertahan untuk 2021 nanti, elemen 3D yang jadi tren mulai pertengan tahun 2020, dan ilustrasi bertekstur. Bagaimana untuk tren 2021 nanti? Berikut prediksi menurut pengamatan penulis berdasarkan komunitas Dribbbleindo, marketplace, dan beberapa media lainnya.

Dark Mode

Contoh penerapan dark mode pada UI Design karya Vishnu Prasad

Dark mode sangat melejit pada pertengahan tahun 2020. Semua aplikasi dari web browser, social media, sampai marketplace berlomba-lomba mengembangkan tampilan UI dengan dark mode ini. Lantas apa saja keunggulan ditearpkannya dark mode ini pada pengguna?
    1. Hemat energi untuk layar OLED dan AMOLED.
    2. Teks terang pada latar belakang gelap (dark mode) lebih baik untuk mengurangi ketegangan mata dalam kondisi cahaya rendah.
    3. Dark mode mengurangi blue light.
Banyak aplikasi memberi pengunjung kemampuan untuk memilih kapan mengaktifkan mode gelap/dark mode. Misalnya, pengguna Apple dapat menjadwalkan waktu untuk mengubah tampilan perangkat mereka secara otomatis.

3D Elements

Penerapan elemen tiga dimensi pada landing page olen Tran Mau Tri Tam

Tren 3D elements ini pertama kali penulis sadari waktu melihat iklan Tokopedia di salah satu media. Elemen desain 3D telah memili karismanya sendiri. Popularitas tren ini semakin meningkat khususnya 2020 karena teknologi VR dan AR telah mendapatkan momentumnya sekarang. 

Menerapkan 3D elements semacam ini ke UI merupakan tantangan yang cukup membutuhkan keterampilan khusus dan mata yang artistik. Selain itu, elemen 3D ini memakan waktu untuk membuatnya. Render 3D sering kali terlihat fotorealistik dan hal ini menampilkan efek tersendiri.

Flat Design

Flat design pada landing page oleh Samuel Oktavianus

Sepertinya flat design masih tetap bertahan untuk 2021 nanti. Beberapa UI/UX designer menyukai kesederhanaan dan flat design menjadi pilihan dengan gayanya yang minimalis dan apabila kreatif dalam penerapannya maka hasilnya akan lebih menarik, sedangkan beberapa UI/UX designer yang lain menganggapnya terlalu biasa dan lebih memilih ilustrasi dengan tekstur.

Photography

Memadukan foto dengan bayangan yang soft dan visual mengambang oleh JPSDesign

Bayangan lembut dan visual mengambang menampilkan emosi positif. UI design seperti ini menunjukkan kedalaman elemen dan membuat situs web terlihat sedikit 3D. 

Penerapan elemen foto pada landing page Kevin Al-Rizal

Perpaduan warna dengan teknik fotografi yang baik akan menampilkan kesan yang berbeda-beda. Contohnya pada hasil desain di atas, hasilnya memberi kesan futuristik.

Animated Illustration

Animated UI design oleh Saptarshi Prakash

Ilustrasi telah ada dalam desain produk digital sejak lama. Evolusi mereka dalam beberapa tahun terakhir sangat mengesankan. Ilustrasi sebagai elemen desain yang sangat populer menambah nuansa alami dan 'sentuhan manusia' pada keseluruhan desain UI/UX. Ilustrasi juga merupakan pemikat perhatian yang sangat kuat. Penerapan animated illustrasion selain menambah daya pikat pada pengguna juga memberikan storytelling/cerita yang berbeda yang tentunya tidak ada pada ilustrasi biasa.

Voice User Interface (VUI)



Voice chatbot dan asisten virtual jelas mewakili salah satu tren teknologi terbaru di tahun 2020. Mereka mempengaruhi cara kita sebagai pengguna untuk mencari informasi, membuat catatan, dan sebagainya. Apple, Android, dan Google menerapkan voice user interface (VUI) ini untuk menawarkan pengalaman pengguna yang terbaik. VUI ini bisa dikategorikan praktis karena hanya dengan suara, apa yang kita minta langsung dilaksanakan.

Artificial Intelligent

Hampir setiap produk digital pada kurun waktu 2019-2020 ini memiliki elemen pembelajaran mesin, kecerdasan buatan, dan elemen UI yang ditingkatkan yang membuat UI lebih mudah digunakan dan UX secara keseluruhan lebih baik. Artificial intelligent dapat bekerja untuk mempersonalisasi layanan agar semakin banyak pengguna menggunakan produk tersebut.

Dengan AI yang tertanam pada UI/UX design produk maka produk secara otomatis akan mempelajari lebih banyak tentang pengguna berdasarkan perilaku mereka yang akan membantu menciptakan user experience yang lebih baik. Hal ini pada akhirnya dapat menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi. Terlebih lagi, akan lebih banyak waktu yang dihemat oleh designer juga.

UX Writing

Salah satu UX writing pada aplikasi Gojek


Saat ini, banyak perusahaan yang mengubah gaya komunikasi mereka. Mereka bertujuan untuk membuatnya kurang formal dan mendekati dialog biasa sehingga membuat pengguna lebih nyaman. Dari situlah muncul istilah dan profesi baru UX writer. Beberapa perusahaan bahkan tidak takut menambahkan sedikit humor. 

Selain itu penulis melihat pada 2021 UI/UX design akan didominasi penerapan UX writing di mana seolah-seolah sedang bercerita/storytelling. Penerapan metode storytelling pada UI/UX design adalah tentang mentransfer data ke pengguna dengan cara informatif dan kreatif.

Perlu diketahui, harapan dan permintaan pengguna tumbuh dan berubah dengan cepat. Tren selalu berubah. Bisa teman-teman lihat UI dari tahun 2005 dan 2020 ini, sangat berbeda, bukan?

Post a Comment

3 Comments

  1. Dark mode memang jadi salah satu fitur yg keren sih. Tp untuk website pribadi atau blog gitu, fitur dark mode kan masih jadi opsional, nah sepengalaman gw pengunjung lebih sedikit yg mengaktifkan dark mode, bahkan ada yang gatau cara aktifinnya.
    Mungkin bisa sih kasi script biar khusus jam tertentu jadi dark mode 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mas. Saya perhatikan selama ini pengaplikasian dark mode hanya pada web browser dan aplikasi. Kalau website/blog belum ada pengaplikasian secara mandiri.

      Hahaha... ide bagus tuh, kapan-kapan saya coba share scriptnya di blog ini.

      Delete
  2. material sama mimalis desain masih trend ga mas

    ReplyDelete