Tutorial Membuat Illustrasi Pohon Menggunakan Adobe Illustrator



Tutorial kali ini kita bakal belajar bagaimana cara membuat ilustrasi pohon sederhana menggunakan Adobe Illustrator. Pohon merupakan ilustrasi paling krusial baik sebagai objek inti dalam sebuah ilustrasi maupun sebagai objek tambahan. Biasanya pepohonan atau dedaunan digunakan sebagai dekorasi tambahan dalam flat design. Yuk, langsung saja disimak baik-baik ya. Jangan lupa siapkan seperangkan software Adobe Illustrator ya supaya biar bisa langsung diterapkan.

1. Buka Adobe Illustrator, buat ukuran artboard sesuai keinginan kamu.

2. Kemudian buat garis menggunakan Line Segment Tool, perhatikan poin nomor satu merupakan di mana kita membuat garis tersebut, selanjutnya yang kedua kita beri warna garis tersebut. Klik pada yang saya lingkari nomor dua. Saya memilih #1D3D78 dalam tutorial ini kemudian langkah terakhir, atur ketebalan garis. 




3. Ulangi langkah kedua untuk membuat ranting-ranting pohonnya.



4. Kemudian buat rimbunan daunnya. Caranya adalah pilih Star Tool, kemudian klik pada sembarang titik. 


Maka akan muncul panel seperti ini. Pada Points tulis angka 3, maka akan muncul bidang segitiga.



Klik tiga titik pada tiap sudut segitiga. Caranya adalah klik kiri pada mouse sambil jari menahan tombol SHIFT. Tarik titik tersebut agar bidang tampak seperti rimbunan daun kemudian berikan warna secara gradient. Saya menggunakan perpaduan warna #007EA6 dan #77C45E. O, iya, teruntuk rimbunan daun kamu bisa membuatnya sesuai kreatifitas kamu.




5. Buat garis melengkung membuat Curvature Tool. Langkah selanjutnya sama dengan langkah nomor dua. Saya beri warna garis lengkung tersebut sama seperti batang dan rantingnya. Buat garis melengkung seperti yang saya contohkan di bawah. Saya buat garisnya dengan ketebalan 90 pt.



6. Buat garis menjadi bidang segi empat dengan cara seleksi semua garis lengkung tersebut. Klik Object pada bagian atas, kemudian pilih Expand. Akan muncul panel baru, lalu centang Fill dan Stroke, kemudian klik OK.

7. Group bidang lengkung tersebut dengan cara seleksi seluruh bidang, klik kanan dan pilih Group.

8. Duplicate rimbunan daun yang telah dibuat dengan cara CTRL+C dan CTRL+V. Taruh rimbunan daun satunya di atas garis lengkung tersebut dengan cara klik kanan > Arrange > Bring to Front. Kemudian seleksi baik garis lengkung maupun rimbunan daun > Pathfinder > Crop. Kemudian pindahkan hasil crop pathfinder tersebut ke rimbunan daun satunya lagi. 


9. Atur opacity garis-garis lengkung tersebut. Cara mengatur opacity dengan Window > Transparency. Saya atur menjadi 30%. Jadi deh.



Saya sematkan video tutorial di bawah. Mudah-mudahan tutorial ini dapat bermanfaat bagi kalian ya. Nantikan tutorial selanjutnya ya!


Post a comment

0 Comments