Golden Ratio, Rahasia Para Designer


Mungkin beberapa dari kalian sering sekali mendengar Golden Ratio/Rasio Emas atau Golden Section? Golden Ratio merupakan Deret Fibonacci. Deret Fibonacci merupakan bilangan yang didapat dari penjumlahan bilangan sebelumnya, nah apabila sebuah bilangan Fibonacci dibagi dengan bilangan sebelumnya, maka akan didapat angka 1,618. 1,618 itulah merupakan Golden Ratio yang banyak digunakan para desainer untuk membuat desain mereka sempurna.



Angka 1,618 pada dunia Matematika ini merupakan angka yang spesial. Angka ini apabila diterapkan maka akan didapat objek atau karya yang proporsional.



Bagaimana cara aplikasi Golden Ratio pada desain grafis? Berikut penulis akan sampaikan langkah-langkah bagaimana menerapkan Golden Ratio. Langkah pertama buka Adobe Illustrator, kemudian buatlah lingkaran yang proporsional dengan Ellipse Tool sambil tekan Shift.



Kemudian klik lingkaran sambil tekan Alt, maka akan didapat dua lingkaran dengan ukuran sama. Pada lingkaran kedua, seleksi kemudian klik kanan > Transform > Transform Each, maka akan didapat panel sebagai berikut.


Kemudian pada bagian Horizontal dan Vertical masing-masing dibagi dengan 1,618.



Kemudian gandakan lingkaran tersebut, maka akan didapat lingkaran-lingkaran yang memiliki rasio sempurna.



Kemudian, teman-teman tinggal menerapkannya pada logo atau desain yang teman-teman buat.


Pertama kali membuat desain dengan penerapan Golden Ratio mungkin akan sedikitit sulit. Namun, dari situ kamu akan belajar bahwa tak ada jalan pintas ketika mempelajari sesuatu. Yang terpenting adalah terus belajar dan berlatih. Selamat mencoba.

Post a comment

0 Comments