Seri tipografi kita kali ini adalah bagaimana cara membuat teks 3D dengan tiga langkah mudah menggunakan Adobe Illustrator. Pada seri ini aku memakai font Montserrat yang di-bold, kamu bisa mengunduh font itu secara mandiri di internet atau bisa juga coba variasi font lain. Sama dengan tutorial-tutorial sebelumnya, aku menggunakn Adobe Illustrator CC 2018, jangan khawatir aku yakin tutorialnya sama kalau diaplikasikan dengan generasi AI sebelum-sebelumnya. Tutorial ini juga bisa diaplikasikan di Adobe Photoshop seri mana pun.

1. Buka Adobe Illustrator CC 2018, tulis sembarang teks. Bisa namamu, nama tempat, itu terserah kamu.


2. Klik Effect >3D > Extrude & Bevel. Bakal muncul jendela baru, atur sesuai format berikut. Dengan opsi ini (Extrude & Bevel) kamu juga bisa membuat variasi 3D teks sesuai keinginan kamu.



3. Hasilnya akan seperti di bawah. Langkah terakhir, pilih Object > Expand Appearance, ulangi lagi langkah tersebut namun dengan klik Object > Expand.


Langkah di atas dilakukan agar kamu dapat merubah warna teks sesuai keinginan kamu. Cara mengubah warnanya klik pada salah satu abjad beberapa kali, kemudian rubah warnanya. Berikut adalah hasil akhirnya:

Cukup sampai di sini tutorial kali ini. Kritik dan saran bisa kamu kirimkan ke: dinasectio@gmail.com. Terima kasih. Semoga bermanfaat. :)