Cara Mengatasi Warna Foto yang Berubah Saat Upload

Penulis paling bete banget kalau waktu unggah foto di Instagram warnanya berbeda dengan yang pada saat diedit. Bikin rusak feed tahu nggak sih. Sepertinya saya tidak sendiri, masalah ini pasti sering kamu alami ketika edit foto bukan? Nah, di sini saya mau bagi tips dan trik cara bagaimana mengatasi warna foto yang berubah saat upload dengan Adobe Photoshop CC 2018. Yuk, disimak baik-baik!


Permasalahan utama dari problem di atas terletak pada color profile! Apa itu color profile? Color profile is a set of data that characterizes either a device such as a projector or a color space such as sRGB. Most color profiles are in the form of an ICC profile, which is a small file with a .ICC or .ICM file extension.

Singkatnya, color profile merupakan kumpulan data  berupa warna yang tersedia pada perangkat media seperti projector, layar laptop, layar smartphone, dan lain sebagainya. Kebanyakan dari perangkat tersebut menangkap pada jangkauan warna sRGB, untuk Adobe RGB kebanyakan terdapat pada perangkat yang lebih mahal dibandingkan pada umumnya. sRGB singkatnya adalah jangkauan warna yang standar digunakan layar pada umumnya.

Nah, sudah paham kan mengenai color profile? Langkah selanjutnya buka Adobe Photoshop CC 2018, buka foto yang lantas kamu edit, lalu cek dokumen tersebut apa masih dalam keadaan ProPhotoRGB, karena inilah penyebab hasil foto yang diupload berubah drastis sehingga kita harus mengubahnya menjadi sRGB.


Cara mengubahnya adalah dengan cara Edit lalu pilih Convert to Profile. Pada bagian Destination Space, pilih sRGB pada pilihan yang tersedia, kemudian klik OK.




Selamat! Hasil foto kamu memiliki warna yang standar sama pada berbagai layar ataupun diupload di berbagai media sosial lainnya! Mudah bukan? Jangan lupa untuk memastikan Working Spaces milikmu dengan cara Edit > Color Settings apakah sudah dalam bentuk sRGB atau belum, kalau belum kamu tinggal merubahnya menjadi sRGB.

Post a comment

0 Comments