5 Tips Membuat Presentasi yang Menarik dan Terstruktur

Halo! Assalamu'alaikum! Lama sekali saya tidak update blog, perlukah saya memperkenalkan diri lagi? Sepertinya tidak perlu. Kali ini saya akan memberi tips bagaimana membuat presentasi yang menarik berdasarkan pengalaman saya berkuliah, mengikuti seminar, maupun workshop.

 

1. Membuat kerangka presentasi

Siapkan dan kumpulkan materi-materi yang akan dibuat presentasi. Materi bisa dari buku, jurnal, koran, dan berbagai media lainnya. Setelahh materi terkumpul, buat poin-poinnya. Poin-poin yang dibuat bisa langsung masuk ke intinya. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahasa yang menarik audiens. Hindari bahasa yang kaku dan membosankan.



Apabila presentasimu untuk acara yang tidak formal atau semi formal kamu bisa menambahkan game ringan atau pertanyaan ringan sebelum masuk materi presentasi.

2. Buat desain yang menarik

Buat desain presentasi yang menarik. Desain yang menarik di sini apabila dilihat audiens dapat membuat mereka yang tadinya terkantuk-kantuk jadi terbuka, memiliki perpaduan komposisi warna yang menarik, dan tidak bikin sakit mata saat dipaandang.

3. Jangan terlalu banyak teks

Hindari teks yang memenuhi slide! Sesuai poin pertama, buatlah poin-poin yang langsung masuk ke inti materi. Teks yang terlalu bayak malah membuat audiens tambah mengantuk dan lebih memilih memainkan ponselnya daripada memperhatikan presentasimu.

4. Fokuskan pada gambar


Fokuskan pada gambar daripada teks. Orang-orang lebih suka melihat gambar daripada teks yng membosankan. Ingat, gambar di sini haruslah yang terkait dengan materi presentasi kamu.

5. Sajikan dengan grafik yang menarik

Biasanya grafik itu membosankan dan tidak menarik. Rubahlah mindset itu!  Buat grafik yang semenarik mungkin sehingga audiens enjoy dengan pesentasi kamu!


Post a Comment

0 Comments