Cara Membuat Background Sunburst di Adobe Illustrator CC 2018


Desain sunburst digunakan untuk ornamen maupun pattern dan paling sering digunakan untuk desain banner di mal-mal bila ada diskon besar atau pada saat lomba-lomba umum yang hadiahnya jutaan rupiah. Sunburst terdiri dari garis-garis yang diibaratkan sebagai sinar yang memancar, lazimnya di tengah pancaran sinar terdapat lingkaran atau objek.

Kali ini saya akan berbagi tutorial membuat background sunburst menggunakan Adobe Illustrator CC 2018.

1. Buka Adobe Illustrator CC 2018, buat artboard dengan ukuran 3000 x 3000 piksel. Buat bangunan lingkaran menggunakan Ellipse Tool di tengah-tengah artboard. Buat lingkaran itu kosong tidak berwarna.


2. Kemudian klik Stroke yang berada di sisi kanan artboard


Setelah kamu klik Stroke, maka akan muncul jendela baru. Isi bagian Weight menjadi 300, centang Dashed Line, dan isi bagian Dash menjadi 20. Pada jendela ini kalian bisa berkreasi dengan mengisikan berbagai macam ukuran. Sebab, Dashed Line ini nantinya disesuaikan dengan rancangan desain kamu. Hasilnya bisa dilihat di bawah.



3. Langkah selanjutnya, klik Object yang berada di tab atas lalu klik Expand Appearance. Ulangi langkah ini, klik Object kemudian klik Expand, pastikan kamu centang Fill dan Stroke-nya, kemudian tekan OK.

4. Pilih objek kemudian klik Lasso Tool yang berada di tab kiri. Putar Lasso Tool mengikuti lingkaran. Kemudian, klik kanan lalu pilih Average dan tekan Both, kemudian pilih OK. Select objek, saya lantas mengganti warnanya menjadi #FFCE00.




5. Dengan menggunakan Rectangle Tool, buat objek persegi panjang di atas sunburst lingkaran tersebut. Kemudian, tekan Shift dan klik bangun persegi panjang dan lingkaran itu. Pada Pathfinder pilih Crop. Hasil akhirnya adalah sebagai berikut. Selesai sudah tutorial kali ini.



Mudah sekali bukan? Kalian bisa mengkreasikannya dengan memasang objek di tengah, background di belakang, dan lain sebagainya.





Post a Comment

0 Comments