Tutorial Tipografi: Membuat Grafiti Sederhana dengan Adobe Photoshop CC 2018


Grafiti, seni berupa coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume Alat yang digunakan banyak sekali, akan tetapi biasanya cat semprot kaleng. Daripada bikin grafiti ilegal tak berizin lebih baik kita buat desainnya dulu. Foto di atas merupakan hasil grafiti bentuk tulisan yang bakal kita buat. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah buka Adobe Photoshop CC 2018, buat file baru. Di sini saya menggunakan ukuran 1000 x 1000 piksel.

1. Setelah bidang kanvas kita buat. Warnai bidang tersebung menggunakan Paint Bucket Tool. Saya mewarnainya dengan warna sembarang sebab yang pertama hanya saya gunakan supaya kontras saja.

2. Kemudian pilih font yang akan kamu gunakan, di sini saya pilih Lo_Snello. Font ini dapat diunduh secara gratis di sini. Kemudian dengan bantuan Horizontal Type Tool tambahkan tulisan. Atur rerata teks dengan bantuan opsi yang saya kotak merah lalu perbesar teks.



3.  Gandakan layer dengan cara klik kanan pada layer yang berisi teks, klik Duplicate Layer. Maka layer akan otomatis tergandakan.


4. Klik kanan pada layer kedua (layer kedua otomatis menumpuk layer pertama). Pilih Blending Options, maka akan muncul jendela seperti yang ada di bawah ini. Klik Gradient Overlay lantas atur warna gradient-nya lewat kotak Gradient. Saya memilih paduan warna kuning ke oranye, kamu bisa memilih warna apa pun sesuai seleramu.



5. Kemudian kembali pada layer pertama. Klik kanan pada layer, pilih Blending Options lalu pilih Stroke. Atur warnanya menjadi hitam dan atur ukurannya menjadi 27 piksel. Klik OK, kemudian geser agak ke atas menggunakan Move Tool.



Pada tahap kelima ini saya ubah warna latar belakangnya menjadi hijau tua, caranya adalah pilih layer bertuliskan Background, pilih Paint Bucket Tool, ganti warnanya dengan memilih ikon seperti yang ada di bawah, klik pada warna gelap di depannya dua kali dan akan muncul color picket, pilih warna hijau tua.
 


6. Hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah. Setelah itu, buat layer baru, pilih Gradient Tool. Klik, tahan, lalu tarik kursor dari atas ke bawah.


Perhatikan sisi kanan, pada layer yang berisi gradient background tersebut saya ubah jadi mode multiply.


7. Gandakan teks sekali lagi, atur menjadi paling atas sendiri. Atur fill menjadi 0% dengan cara klik tulisan fill di pojok kanan tab layer, kemudian turunkan menjadi 0%. Klik kanan lalu pilih Blending Options, pilih Stroke. Atur warnanya jadi putih, atur ukurannya jadi 7 piksel. Klik OK, dengan Move Tool atur agak ke bawah.


Selesai!


Sudah paham? Kamu bisa menyarankan tutorial apa saja baik pakai Adobe Photoshop CC 2018 maupun Adobe Illustrator CC 2018 dengan mengirim e-mali ke dinasectio@gmail.com. Saya akan langsung membuatkan tutorial dan mengunggahnya di sini apabila terpilih.

Post a comment

0 Comments