Perbedaan Tipografi, Hand Lettering dan Kaligrafi


Kalian pasti pernah dengar istilah tipografi, kaligrafi, dan hand lettering baik di dunia maya atau pun di dunia nyata. Memang dalam penerapannya mereka hampir sama. Sama-sama seni menulis indah bahasa sederhanya. Akan tetapi, ketiga istilah tersebut tidak serta merta sama, ada perbedaan signifikan di antara ketiganya.

Tipografi

Tipografi atau typography yang dalam Bahasa Inggris memiliki arti sebagai seni atau teknik mengatur tulisan yang dibaca dapat menarik ketika ditampilkan. Singkatnya, tipografi adalah ilmu tentang huruf dan tulisan. Tipografi merupakan kata yang memiliki arti luas dalam hal seni tulis dan menggambar huruf.




Penganut tipografi murni mungkin lebih setuju kalau mendefinisikan tipogradi sebagai penyusunan huruf dan bentuk hurufnya sudah didesain sebelumnya. Istilah kerennya; custom typography.

Hand Lettering

Hand lettering bisa kita sebut sebagai menggambar dengan lebih dari satu goresan. Tidak ada aturan baku. Hand lettering merupakan adaptasi dari kaligrafi. Seni hand lettering banyak kalian temukan di kafe-kafe khususnya kafe, warung kopi kekinian, bahkan restoran.

Kaligrafi

Kaligrafi adalah seni menulis dengan sekali goresan (single stroke). Ketebalan dan ketipisan sesuai alat tulis dan goresan tangan sangat diperhatikan di sini.

Dikarenakan ditulis dalam sekali gores, seorang kaligrafer perlu banyak latihan hingga otot tangan terbiasa. Seni kaligrafi tradisional banyak ditemukan di negara-negara Asia seperti Arab, Jepang, dan Cina.

Sekarang sudah tahu kan perbedaannya?



Post a Comment

0 Comments