Cara Mudah Hapus dan Memberi Warna Background di Adobe Photoshop CC 2018


Ada dua cara yang bisa kita gunakan dalam menghapus background, yakni menggunakan Polygonal Lasso Tool dan Quick Selection Tool. Sebenarnya ada banyak cara menghapus background foto di Adobe Photoshop, tetapi saya pilih dua cara tersebut karena paling mudah digunakan.


Mohamed Salah, salah satu bintang sepak bola yang naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Foto beliau yang saya pilih dalam tutorial kali ini. Yuk, baca baik-baik dan terapkan tutorial yang akan saya jelaskan di bawah!

Polygonal Lasso Tool

Teruntuk tutorial yang pertama, saya jelaskan cara menghapus background foto di Aobe Photoshop CC 2018 menggunakan Polygonal Lasso Tool.

1. Buka foto yang ingin kamu hapus backgroundnya dengan cara buka Adobe Photoshop CC 2018, klik File yang letaknya di pojok kiri atas kemudian pilih Open lalu cari foto tersebut, kemudian klik Open.



2. Foto tersebut akan teridentifikasi sebagai background. Kamu harus mengubah file yang tadinya background tersebut menjadi layer supaya dapat diedit. Caranya cukup klik kanan layer background tersebut kemudian pilih Layer from Background, maka foto akan berubah nama layer menjadi Layer 0.


3. Pilih Polygonal Lasso Tool yang tersedia di sebelah kiri. Kalau opsi tersebut tidak ada kamu bisa pilih klik kanan pada Lasso Tool, akan muncul tiga pilihan seperti yang tercantum di bawah.


4.  Seleksi daerah yang ingin kamu hapus backgroundnya. Kamu bisa tekan CTRL dan + secara bersamaan untuk zoom in layar. Jika sudah terseleksi semua, tekan delete keyboard. Hasilnya nanti akan seperti di bawah ini.



Tekan CTRL + D untuk menghilangkan daerah seleksi.

5. Buat layer baru dengan menggunakan Create a new layer. Beri warna background menggunakan
Paint Bucket Tool, arahkan pada background foto yang kosong tersebut di layer yang baru.


Berikut adalah hasil akhir foto yang telah diedit:


Quick Selection Tool

Cara ini yang menurut saya paling mudah. Buka foto yang kamu inginkan di Adobe Photoshop CC 2018, Lakukan langkah satu dan dua sesuai yang saya tuliskan di atas, kemudian pilih opsi Quick Selection Tool yang berada di sebelah kiri layar. Setelah kamu klik tool tersebut, arahkan pada bidang foto yang ingin kamu hapus.



Setelah kamu seleksi tekan delete pada keyboard. Kemudian lakukan langkah lima sampai terakhir. Saya sarankan untuk seleksi daerah tertentu cukup menggunakan Quick Selection Tool saja karena dapat menghemat banyak waktu dan tenaga.

Cukup mudah bukan? Kalau masih bingung, kamu bisa lakukan cara trial and error dengan langsung menerapkannya di Photoshop kamu sendiri.




Post a Comment

0 Comments