5 Tips Sukses Membangun Brand Agar Cepat Dikenal



Riset kecil perlu kamu lakukan terlebih dahulu sebelum membangun brand. Salah satunya. Branding dan packaging merupakan sesuatu yang harus kamu perhatikan dalam membangun sebuah produk. Situs www.lucidpress.com merupakan situs yang sering banget memberi tips dan trik desain, branding, dan packaging. Artikel yang saya buat ini saya sadur dari situs tersebut. Berikut 5 tips sukses membangun brand agar menarik perhatik konsumen:

Tuliskan Ceritamu

Sebelum kamu melangkah lebih jauh dengan produkmu, kembangkan brand-mu terlebih dahulu! Perlu diingat bahwa bisnis jika tanpa wajah tanpa sejarah, tanpa visi dan misi, tanpa nila-nilai yang dikembangkan di dalamnya, maka tentu akan dilupakan para konsumen. Untuk itu sebelum memikirkan branding dan packaging, kamu perlu bertanya pada diri sendiri mengenai hal-hal berikut:
  1. Apa yang membuat bisnis dan produkmu unik?
  2. Bagaimana pandanganmu terhadap bisnis yang akan kamu bangun beberapa tahun ke depan?
  3. Bagaimana produk kamu dapat mengubah kehidupan konsumenmu?
Jika pertanyaan-pertanyaan di atas bisa kamu jawab, maka akan lebih mudah mengembangkan brand yang akan kamu bangun.

Berikan Pesona Pada Brand-mu

Jangan menganggap desain produk hanya sebagai wadah penutup produk saja. Sampaikan pesan, cerita, atau identitas brand atau merek yang kamu bangun melalui produkmu, maka kamu harus menganggap produk tersebut sebagai pribadimu.




Sama seperti pemasaran, ciptakan kepribadianmu, bedanya ini adalah sebuah produk. Dengan memikirkan produk sebagai pribadimu, akan lebih mudah untuk merancang kemasan yang mencerminkan kepribadian merek dan beresonansi dengan target konsumen. Calon pembeli akan melihat originalitas pada produkmu.

Don't over-design it 

Dalam membangun sebuah brand produk yang unik dan menarik, kebanyakan perusahaan memperumit desainnya, baik branding maupun packaging. Terkadang beberapa produk laku keras, tetapi mereka tidak berbuat banyak untuk membangun atau memperkuat brand perusahaan.

Jangan terlalu terbawa oleh hiasan produk atau desain kemasan. Tetap dengan konsep sederhana dan jelas yang mudah dipahami calon konsumen kamu. Seringkali, ini adalah desain yang paling sederhana dan dipikirkan dengan baik yang dapat memenangkan hati dan pikiran pelanggan.


Konsisten

Jangan meremehkan kekuatan yang dimiliki desain kemasan pada brand kamu. Karena kemasan itulah sering memicu hubungan pertama antara pelanggan dan produk yang kamu ciptakan.

Selain waktu dan uang yang dihabiskan untuk desain produk, kamu juga harus mempertimbangkan packaging dengan cermat. Desain kemasan yang membangkitkan emosi sepertikegembiraan, kesenangan, atau bahkan keheranan. Intinya, desain tersebut haruslah yang dapat membuat calon pelanggan merasa "harus membeli produk kamu".

Key takeaway 

Merek yang efektif akan membantu menjual produk dan menarik pelanggan. Jika kamu ingin pelanggan bersemangat tentang produk baru kamu bahkan sebelum diumumkan, bangunlah media sosial untuk brand-mu. Berikan update terbaru mengenai produk terbaru dari brand kamu!




Post a comment

0 Comments