Tutorial Gradient Background Menggunakan Adobe Photoshop CS5


Tutorial ini saya buat untuk pemula yang baru saja pegang Adobe Photoshop CS5 atau pun versi lainnya hari ini. Gradient background merupakan background dengan variasi dua warna atau lebih, apabila variasi dua warna maka warna pertamanya tersebut berangsur-angsur berubah ke warna kedua begitu pula variasi lebih dari dua warna. Jika perpaduan warnanya inovatif, maka hasilnya bikin sedap dipandang pula.



Bagaimana cara membuat gradient background yang simpel? Berikut caranya saya paparkan step by step yang saya usahakan gampang dipahami di bawah berikut ini:

1. Buka Adobe Photoshop CS5, buat kertas kerja dengan ukuran sembarang.


2. Muncul layer kosong. Beri warna layer tersebut dengan warna terserah kamu menggunakan Paint Bucket Tool, tool bisa kamu temukan di sisi kiri kertas kerja. Di sini saya memberi warna biru muda karena warna itu merupakan kesukaan saya.



3. Arahkan cursor ke Layer 1 kemudian klik kanan, pilih Blending Options.


Setelah kamu klik, maka akan muncul jendela baru dengan dengan nama Layer Style berikut:


4. Pilih Gradient Overlay. Tekan warna yang berada pada Gradient, akan muncul jendela baru sebagai berikut. Di sini kamu bisa memilih variasi gradient, ada yang dua warna dan lebih. Kamu bisa menyesuaikan warna dengan apa yang kamu inginkan menggunakan tool yang saya kotak merah.


5. Saya memilih warna merah muda. Atur Angle-nya, untuk Scale saya biarkan tetap 100%. Untuk Style juga saya biarkan tetap begitu. Kamu bisa mencoba variasi Style-nya sendiri.


6. Hasil akhirnya seperti ini.



Bagaimana? Mudah sekali kan?

Sekian tutorial dari saya.
Kamu juga bisa kirim saran tutorial desain yang kamu inginkan lewat e-mail: dinasectio@gmail.com. Jika memungkinkan akan langsung saya buatkan tutorialnya.
Semoga membantu!



Post a Comment

0 Comments