Membuat Twibbon Sederhana Menggunakan Adobe Photoshop CS5

Untuk konten pertama saya mengenai desain, saya akan membuat tutorial bagaimana cara membuat twibbon sederhana menggunakan Adobe Photoshop CS5. Saya lebih utamakan Photoshop daripada CorelDraw karena bagi saya pribadi software ini lebih mudah digunakan dan dipahami. Akan tetapi, ke depannya saya bakal menggunakan dua software: Adobe Photoshop dan Illustrator.


Berikut hasil jadi twibbon kita nantinya:


Twibbon di atas merupakan twibbon yang saya buat untuk PKKMB Prodi kampus. Bisa kamu lihat di pojok kiri ada logo kampus dan logo HMJ tempat saya bernaung. Abaikan logo, mari kita lanjut ke tutorialnya.



1. Buka Adobe Photoshop CS5, buat file baru dengan ukuran persegi. Di sini saya membuat ukurannnya 1080 x 1080 piksel dengan resolusi 250 piksel tiap incinya. Sebenarnya resolusinya kamu buat jadi 72 tidak apa-apa karena ini tidak akan dicetak. Makin tinggi resolusi makin bagus pula kualitasnya jika dicetak.


2. Maka akan terbentuk layer kosong persegi. Beri warna biru layer kosong tersebut menggunakan Paint Bucket Tools.


3. Sekarang kita buat lingkaran, Buat lingkaran menggunakan Elipse Tool. Klik kiri mouse bersamaan dengan tombol Shift supaya lingkaran yang kita buat jadi lingkaran sempurna.


4. Tahap keempat ini merupakan tahap yang paling penting: membuat lubang di tengah bidang. Caranya adalah kita klik kanan pada layer Shape 1 kemudian pilih Resterize Layer. Ini penting. Resterize sendiri dapat diartikan merubah vector menjadi bitmap sehingga bisa kita edit sesuka hati.



Setelah di-resterize, seleksi daerah lingkaran menggunakan Magic Wand Tool. Kemudian pindah ke Layer 1, tekan tombol delete. Hapus layer Shape 1, maka hasil jadinya nanti sebagai berikut:


5. Tahap kelima ini kita harus berpikir kreatif bagaimana caranya supaya twibbon ini lebih menarik. Saya pun menambahkan lingkaran kosong dengan garis tepi merah. Caranya ulangi tahap ketiga kemudian klik kanan pada layer lingkaran yang baru saja kamu buat lalu pilih Blending Options dan atur Fill Opacity jadi 0%.


Kemudian atur Stroke-nya. Stroke adalah garis tepi pada bidang, saya membuatnya merah, keterangan lengkapnya pada gambar di bawah:


Hasil akhir tahap kelima seperti ini, di sini saya sudah memasang logo kampus sekaligus logo HMJ.


6. Saya ulangi tahap kelima untuk lingkaran kuning di luar lalu tambahkan tulisan tema acara yang kamu kerjakan. Saya buat tulisannya melingkar dengan menggunakan Create warped text.



 7. Tambahkan hiasan di luar bidang yang bolong. Di sini saya hanya bermain-main menggunakan bidang geometris yang sudah tersedia dan Custom Shape Tool saja. Kuncinya harus pinter-pinter padu padan warna supaya hasilnya menarik.


8. Buat bidang persegi menggunakan Rectangle Tool. Bidang persegi ini bakal saya beri caption menarik nantinya


Saya buat warna bidangnya agak berbeda; lebih tua. Biru tua. Caranya adalah klik dua kali pada warna di sebelah layer di mana kamu membuat bidang persegi tersebut.

Pilih warnanya biru tua.

Jadinya seperti ini.


9. Tetap di layer yang sama, pilih opsi Edit yang letaknya di pojok kiri atas kemudian pilih Transform Path lalu pilih Skew. Skew adalah fitur yang membuat kita bisa mengubah bidang yang kita inginkan, namun terbatas pada sudut-sudut bidang saja. Arahkan pointer pada sisi kiri atas bidang persegi tersebut, klik, lalu turunkan. Atur bidang. Hasilnya akan jadi seperti di bawah ini:


10. Tambahkan caption menarik. Save as dengan format PNG. Jadi deh!


Gambar di atas adalah hasil twibbon yang sudah dipasangi foto.

Sekian tutorial dari saya.
Kamu juga bisa kirim saran tutorial desain yang kamu inginkan lewat e-mail: dinasectio@gmail.com. Jika memungkinkan akan langsung saya buatkan tutorialnya.
Semoga membantu!


Post a comment

0 Comments